Jalur Kabel Soket Kiprok Vario 110 Kvb

Motopedia.id – Memahami jalur kabel soket kiprok Vario 110 sangatlah berguna bagi siapapun yang ingin memperbaiki kerusakan pada komponen tersebut. Pasalnya elemen yang terdapat dalam mesin kendaraan roda dua ini mempunyai kegunaan yang esensial. Keberadaannya tidak hanya di motor melainkan pada beberapa mesin lainnya. Baca Juga: Letak Kiprok Vario Techno 110 Karbu

Rectifier regulator atau lebih dikenal kiprok berfungsi untuk mengubah arus serta mengatur kelistrikan agar seimbang. Tentu saja hal demikian bertujuan supaya setiap komponen tidak cepat mengalami kerusakan dan dapat bekerja secara maksimal.

Mengingat cukup banyak komponen yang bekerja menggunakan sumber listrik seperti lampu, aki, dan lainnya. Makanya tidak boleh salah dalam pemasangan.

Jalur Kabel Soket Kiprok Vario 110 Kvb

Jalur Kabel Soket Kiprok Vario 110
Jalur Kabel Soket Kiprok Vario 110

Sebenarnya mempelajari jalur kabel soket kiprok Vario 110 untuk beragam motor tidaklah sulit karena hampir semua warna menunjukkan jalur yang sama. Meskipun memang ada beberapa sedikit perbedaan khususnya pada motor besar. Namun akan mudah dipahami melalui ulasan berikutnya. Baca Juga: Penyebab Motor Vario 110 Tidak Bisa Distarter dan Diengkol

Apabila ingin memperbaiki motor sendiri pada kerusakan komponen kiprok atau hanya untuk materi sekolah, maka bisa menyimak ulasan berikut tentang jalurnya. Penjelasan di bawah sekaligus membahas fungsinya.

  • R/B dengan kabel berwarna hitam atau merah jalurnya mengarah ke kunci kontak motor agar ketika dihidupkan dapat teraliri listrik.
  • Kabel berwarna putih dengan kode W biasanya akan disambungkan pada spul.
  • R/W dengan kabel warna putih atau merah yakni terhubung ke relay utama dan akan dicanangkan pada sekring 15 Ampere. Selanjutnya barulah ke aki plus.
  • Kabel hijau atau G yakni sebagai kabel massa body.
  • Kabel coklat dengan kode warna BR ialah kabel dengan jalur ke soket lampu depan LED. Gunanya agar lampu tersebut menyala karena dialiri listrik dari aki.
  • Berbeda dengan W/G yang juga disalurkan ke lampu depan, tetapi berguna untuk memberikan arus ketika mesin motor dinyalakan.

Skema Soket Kiprok Vario 110 Karbu

Skema Kiprok Vario 110
Skema Kiprok Vario 110

Setelah mengetahui jalur kabel sesuai warnanya, sekarang saatnya masuk ke ulasan mengenai skema kerjanya. Skema soket kiprok Vario 110 karbu di bawah memang lumayan rumit. Namun cocok untuk memahami jalur yang lebih lengkap. Berikut gambarnya:

Keterangan tiap kode berdasarkan warna. Berguna untuk memudahkan pemahaman mengenai jalur pada masing-masing jenis motor.

  • G/O berwarna hijau atau orange.
  • Y/R kabelnya berwarna kuning atau merah.
  • G/W berwarna putih atau hijau.
  • P/W biasanya pink atau putih.
  • Lg/R (hijau muda atau merah).
  • Bl/Y berwarna hitam atau kuning.
  • W yakni putih.
  • Y berwarna kabel kuning.
  • R/W kabel putih atau merah.
  • Bl yaitu kabel hitam.
  • R/Bl (hitam atau merah)
  • R (merah).
  • G berwarna hijau.
  • Bu/Y kabel kuning atau biru.
  • Bu/G kabel biru atau hijau.
  • Y/G kabel kuning atau hijau.

Warna Pin Kiprok Vario 110 Karbu

Warna Pin Kiprok Vario 110 Karbu
Warna Pin Kiprok Vario 110 Karbu

Selanjutnya pengguna juga perlu mengetahui warna pin kiprok agar memudahkan pemasangan karena rectifier regulator mempunyai beberapa pin. Umumnya ada 4 yang sering dipakai. Berikut ulasannya:

  • Pin nomor 1 yaitu untuk kabel merah yang berfungsi sebagai baterai plus 12 Volt.
  • Pin nomor 2 untuk kabel kuning yakni terhubung ke lampu depan.
  • Sedangkan pin nomor 3 berwarna hijau berguna sebagai spul pengisian.
  • Pin terakhir berwarna hijau sebagai massa body negatif.

Harga Soket Kiprok Vario 110

Jika membahas harga pastilah tak tentu mengingat setiap toko menawarkan harga yang beragam. Harga di online jelas beda dengan membeli secara offline. Pun berbeda untuk tiap jenis kendaraan bahkan tipenya. Namun yang pasti harganya diatas 100 ribu hingga 400 ribu.

Itulah pembahasan mengenai jalur kabel soket kiprok Vario 110. Perlu dipahami bahwa ulasan diatas berlaku untuk kiprok karburator. Karena untuk motor jenis baru ada sedikit perbedaan dimana ECM ada yang terpisah dan tergabung untuk rectifier regulator baru.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top