Oli Yang Cocok Untuk Vario 110 Karbu

Motopedia.id – Sepeda motor lawas dengan usia di atas lima tahun pemakaian memerlukan perawatan agar mesin tetap terlindungi. Salah satu perawatan mesin yang perlu diperhatikan ialah pemakaian oli yang tepat. Memangnya, apa oli yang cocok buat VARIO 110 karbu? Baca Juga: Kapasitas Tangki Vario 110 Berapa?

Sepeda motor keluaran 2010 ini, bisa disebut sudah lawas. Umumnya, mesin motor lawas memiliki celah antar komponen yang lebar. Untuk itu, seharusnya motor lawas menggunakan oli yang lebih kental. Mari ketahui spesifikasi dan rekomendasi oli untuk Vario 110 karbu di ulasan berikut:

Spesifikasi Oli untuk Vario 110 Karbu

Oli Yang Cocok Untuk Vario 110 Karbu
Oli Yang Cocok Untuk Vario 110 Karbu

Menggunakan sepeda motor lawas bukan berarti tidak perlu diperhatikan perawatannya. Agar sepeda motor tetap memberikan performa optimal serta mesin tetap terjaga, perawatan motor lawas harus lebih diperhatikan, khususnya untuk motor matic. Berikut adalah spesifikasi oli yang cocok untuk Vario 110 karburator:

  • SAE oli lebih kental. Sebab gap pada mesin motor lawas lebih besar, diperlukan oli dengan tingkat kekentalan yang tinggi. Minimal spesifikasinya memenuhi 20W-30 atau 20W-40.
  • Tingkat API. Spesifikasi pada oli yang cocok buat Vario 110 karbu adalah memiliki tingkat API SG. Selain itu juga, minimal oli bersertifikat JASO MB atau lebih tinggi, lebih baik.
  • Oli dengan bahan sintetik. Walaupun lebih encer daripada oli dengan bahan dasar mineral atau semi sintetik, oli full sintetik lebih disarankan untuk Vario 110 karbu.

Baca Juga: Letak Baut Pembuangan Oli Mesin Vario 110

Rekomendasi Oli Buat Vario 110 Karbu

Nah, kira-kira sudah paham bukan spesifikasi oli seperti apa yang diperlukan untuk oli Vario 110 karbu? Ada beberapa merk atau tipe oli yang dengan spesifikasi yang sesuai ulasan di atas. Apa saja oli yang cocok buat Vario 110 karbu? Berikut rekomendasinya:

1. AHM Oil MPX3

Rekomendasi oli yang pertama ialah oli AHM Oil MPX3. Oli ini mempunyai spesifikasi SAE 20W-40, yang artinya memiliki kekentalan tingkat tinggi. Pemakaian oli merk ini memang ditujukan untuk sepeda motor Honda, khususnya untuk tipe motor lawas. Salah satunya ialah Vario 110 karbu.

AHM Oil MPX3 dikembangkan menggunakan teknologi perlindungan mesin yang memungkinkan untuk memberikan perlindungan optimal pada gesekan mesin. Bukan hanya untuk melindungi gesekan antara mesin, AHM Oil MPX3 juga bisa memberikan efek berupa konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

2. Federal Matic Scooter Y-Matic 20W-40

Selain AHM Oil MPX3, motor Vario 110 karbu juga cocok untuk menggunakan oli Federal Matic Scooter Y-Matic. Oli ini memiliki spesifikasi kekentalan 20W-40. Selain itu, oli ini juga sudah memenuhi standar JASO MB dengan formula khusus mesin motor transmisi otomatis.

Kelebihan dari oli ini yang juga membuatnya cocok untuk digunakan pada sepeda motor Honda Vario 110 karbu ialah, adanya Viscoelastic Molecules pada kandungannya. Zat ini, berguna untuk meningkatkan akselerasi namun tetap memberikan perlindungan ketahanan pada mesin. Baca Juga: Begini 5 Cara Ganti Oli Vario 110 Karbu Sendiri! Mudah Tanpa Kebengkel

Selain itu, ada juga bahan unggulan yang digunakan oleh oli ini, yaitu Ative Moly. Kandungan ini sangat berguna bagi motor matic lawas sebab fungsinya untuk melindungi gesekan antara komponen mesin sehingga temperatur mesin tetap dingin.

3. Shell Advance 4T AX5 Scooter

Sepeda motor lawas sangat rawan akan penggumpalan partikel kotoran pada mesin. Tidak jarang penggumpalan ini membentuk endapan yang kemudian dapat menghambat kerja mesin. Shell Advanced 4T AX5 Scooter mampu melindungi mesin sekaligus membersihkan area piston.

Hal ini memungkinkan sebab adanya kandungan Shell Active Cleansing Technology dalam oli ini. Formulasi ini mampu membuat mesin menjadi lebih bertenaga dan responsif. Khususnya pada Vario 110 karbu, Shell Advance 4T AX5 Scooter juga dapat mengurangi getaran dan memperpanjang usia mesin.

Itulah ulasan tentang spesifikasi oli yang cocok buat VARIO 110 karbu serta apa saja rekomendasinya. Pastikan untuk menggunakan oli yang tepat agar mesin motor terlindungi dan tidak mudah panas.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top