Ini Setelan Klep Vario 110 Karbu yang Pass! Awas Tidak Pas Bisa Fatal

Mootopedia.id – Ternyata, saat ini masih banyak yang kesulitan untuk memasang atau menyetel klep pada motor Vario dengan tipe 110. Lantas bagaimana cara memasang setelan klep Vario 110 karbu yang benar? Kemudian bagaimana ciri setelan klep yang tidak pas? Baca Juga: 5 Penyebab Starter Vario 110 Mati! No 3 Sering Disepelekan

Dan apa dampak yang ditimbulkan jika setelan klep yang dipasang tidak pas? Untuk dapat menjawab beberapa pertanyaan tersebut, maka simak beberapa uraian berikut ini:

Cara Memasang Setelan Klep Vario 110 Karbu

setelan klep vario 110
setelan klep vario 110

Untuk yang pertama akan dibahas bagaimana cara untuk memasang setelan klep Vario 110 karbu dengan mudah dan juga cepat. Karena, masih ada yang belum mengetahui pasti cra pemasangan yang benar. Oleh karenanya, simak beberapa langkah yang dapat dilakukan berikut ini:

  1. Bukalah penutup pada bagian silinder head yang ada di motor Vario 110.
  2. Setelah itu lakukan engkol motor dengan pelan-pelan saja, tidak perlu menggunakan tenaga cukup menggunakan tangan saja.
  3. Tujuan engkol adalah agar bagian klep turun dan bisa dengan mudah mencari garis top pada klep motor tersebut.
  4. Temukan garisnya dan sejajarkan antara garis yang di bawah dengan garis yang di atas.
  5. Setelah itu siapkan fuller, kunci 9 ring, dan tapet.
  6. Lalu, cek kelonggaran klep menggunakan fuller. Jika terlalu longgar, maka harus disempitkan.
  7. Cara menyempitkannya yaitu dengan kunci 9 ring ditaruh diatas mur klep, kendorkan dan cari setelanya dengan fuller, untuk setelan normalnya yaitu 0,15 mm.
  8. Selanjutnya jika sudah ketemu dengan setelan yang pas lalu kencangkan lagi mur klepnya.
  9. Caranya dengan taruh kunci ring 9 di baut lalu taruh tapet di tengah mur, lalu kencangkan mur dengan kunci ring usahakan tapet di tengah tidak bergerak.
  10. Selanjutnya setel klep out-nya, caranya hampir sama namun kali ini gunakan fuller ukuran 0,25 mm. Setelah semua setelan pas tutup lagi silinder head-nya.

Ciri-ciri Setelan Klep Tidak Pas

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk memasangnya, kali ini akan dibahas ciri-ciri pemasangan setelan klep yang tidak pas. Di bawah ini akan disebutkan apa saja ciri-cirinya, sehingga menjadi informasi yang bermanfaat, diantaranya yakni:

  • Jarak antar klep mulai ada perubahan.
  • Klep bisa berubah menjadi renggang atau menjadi lebih sempit.
  • Tarikan pada motor akan menjadi lebih berat.
  • Terkadang motor menjadi tidak bisa digas.
  • Motor tiba-tiba menjadi sering mati sendiri dan tidak bisa digunakan.

Dampak yang Ditimbulkan Jika Setelan Klep Tidak Pas

Ada pula beberapa dampak dari setelan klep yang tidak pas. Tentunya dampak tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja motor Vario 100 karbu yang sedang digunakan. Untuk mengetahui dampak lebih jelasnya, mari ikuti saja penjelasan di bawah ini:

  • Pada karburator biasanya akan muncul sebuah ledakan, hal ini bisa jadi karena klep terlalu longgar.
  • Mesin motor akan menjadi lebih cepat panas dan juga tenaganya akan menjadi berkurang tidak seperti biasanya.
  • Akan muncul sebuah suara yang nyaring pada motor yang sedang dinyalakan.
  • Laju kendaraan akan menjadi lambat dan secepat biasanya.
  • Tekanan pada mesin motor akan menjadi lebih berat.

Itulah mengenai cara memasang setelan klep motor Vario 100 karbu dengan benar. Jadi, sekarang tak perlu bingung lagi bagaimana untuk mengatur serta memasang setelan klep-nya.

Selain itu, terdapat juga ciri-ciri dari setelan klep yang tidak pas. Ada juga dampak dari setelan klep yang tidak pas tersebut. Apabila sudah terjadi hal tersebut, maka segera perbaiki untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal.

 

1 komentar untuk “Ini Setelan Klep Vario 110 Karbu yang Pass! Awas Tidak Pas Bisa Fatal”

  1. Pingback: √ Ini Kode Part Vario 110 Karbu yang Benar dan Ori! - Motopedia.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top