Perbedaan Vario Techno dan CBS

Perbedaan Vario Techno dan CBS – Kali ini Motopedia.id Berbicara mengenai sepeda motor, model Honda Vario merupakan model sepeda motor yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Honda Vario menjadi model yang digemari sejak lama.

Motor matic ini terkenal dengan efisiensi bahan bakar yang irit dan praktis dalam pengoperasiannya. Astra Honda Motor / AHM terus menyempurnakan dengan beragam teknologi. AHM menyuguhkan model Vario dalam dua varian, opsi paling terbawahnya berlabel CBS.

Vario Techno 110 adalah varian motor matic pertama dari Astra Honda Motor yang menerapkan Combi Brake System (CBS). CBS adalah sistem pengereman yang mengoperasikan dua rem sekaligus hanya dengan tuas rem kiri saja. Meskipun rem Honda Vario Techno 110 dapat beroperasi bersamaan, namun daya remnya tidak 100% bekerja bersama.

Ketika Anda menekan tuas rem belakang, maka akan terjadi komposisi rem belakang bekerja 100% dan rem depan 30%. Yang berarti Anda harus tetap menggunakan tuas rem depan untuk hasil yang lebih maksimal.

Perbedaan Vario Techno dan CBS

perbedaan vario techno dan cbs
perbedaan vario techno dan cbs

Jadi, Perbedaan antara Vario Techno dan CBS adalah pada sistem pengeremannya. Jika Anda mendapat brosur dealer motor atau showroom motor dan Anda hendak membelinya pastikan Anda akan membeli CBS atau non CBS (standar). Biasanya pada brosur sudah ada keterangan pada setiap daftar motor.

Tetapi, Honda Vario Techno juga ada yang non CBS, yaitu menggunakan sistem pengereman yang biasa. Depan ya depan, belakang ya belakang. Vario Techno ini mempunyai banyak varian.

Kapasitas CC

Varian Techno ini pertama rilis pada tahun 2009. Vario Techno mempunyai desain yang lebih futuristik. Lekukan tajam dan desain bodi multilayer tampak jelas di bodi Vario Techno ini. Selain desainnya, secara spesifikasi masih menggunakan mesin 110 cc berpendingin carian.

Berikutnya pada tahun 2012, AHM memproduksi Honda Varo Techno 125. Vario Techno sebelumnya yang bermesin 110 cc upgrade menjadi 125 cc. Selain itu, AHM juga menyematkan pengabut bahan bakar injeksi yang membuat konsumsi bbm-nya semakin efisien. Fitur baru yang ada pada Honda Vario Techno 125 antara lain adalah fitur ACG Starter, yang membuat suara mesin saat di-starter menjadi lebih senyap.

Sistem ISS ( Idling Stop System

Honda Vario Techno 125 juga rilis dengan teknologi ISS (Idling Stop System). Dengan teknologi ISS ini, maka motor akan lebih irit 7% dari versi sebelumnya dan lebih irit 37% daripada Honda Vario 110. Penaksiran teknologi ISS ini adalah untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam.

ISS akan mematikan secara otomatis dan menyalakan mesin kembali hanya dengan memutar sedikit tuas gas. Dengan penggunaan teknologi ini maka ketika sepeda motor dalam kondisi aktif berhenti selama 3 detik maka mesin akan mati secara otomatis. Pada saat tuas gas Anda tarik maka mesin akan otomatis menyala. Hal ini akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Teknologi ISS tersebut mampu membuat Honda Vario Techno 125 CBS ISS mencapai 58,1 km/liter. Pantas saja banyak orang yang minat dengan sekuter matic satu ini. Pengoperasiannya sangat ramah dompet soalnya.

Terakhir AHM memproduksi Honda Vario varian Techno adalah pada tahun 2013, yakni Honda Vario Techno 125. Karena itulah Honda Vario Techno 110 dan Honda Vario Techno 125 sekarang sudah langka.

Body Motor

Tampilan Honda Vario 125 CBS ISS memiliki perbedaan dengan versi sebelumnya. Yakni bagian saklar on/off sebelah kanan setang sepeda motor, lampu hijau pada panel meter ketika aktif, dan tambahan stiker bodi samping dengan tulisan “Idling Stop”.

Baca Juga: Penyebab Motor Vario 125 Tidak Bisa Distarter dan Diengkol

Demikian pembahasan mengenai Perbedaan Honda Vario Techno dan CBS serta sedikit pembahasan mengenai Honda Vario Techno 125 CBS ISS. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top