Motopedia.id – Sebenarnya lampu indikator Vario 125 menyala kuning sangatlah wajar karena memang terjadi pada semua kendaraan roda dua sebagai indikasi nyala mesin. Umumnya lampu tersebut akan hidup sesaat setelah pengguna memutar kunci ke posisi ON, sehingga pengguna tidak perlu khawatir. Baca Juga: Kode V Belt Vario 125! AWAS Jangan Keliru
Hanya saja, terkadang ada beberapa indikator menyala tidak seperti biasanya. Misal berkedip berulang kali atau menyala sepanjang jalan ketika mesin dihidupkan. Jika terjadi demikian, maka pengguna wajib memeriksa kerusakan. Pasalnya lampu indikator atau biasa disingkat MIL berfungsi sebagai check engine. Baca Juga: Ini Penyebab Motor Vario 125 Tidak Bisa Distarter dan Diengkol
Yang mana artinya lampu tersebut memberikan informasi jika terdapat kerusakan pada salah satu mesin motor. Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian berikut hingga selesai:
Apa Itu Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp)?
Lampu MIL sebenarnya merupakan singkatan dari Malfunction Indicator Lamp. Dimana lampu tersebut merupakan sebuah sistem kerja dari teknologi PGM-FI. Fungsinya yaitu untuk mendeteksi segala kemungkinan kerusakan yang terjadi pada sebuah kendaraan.
Jika terdeteksi ada kejanggalan pada mesin motor, maka indikator MIL inilah yang akan memberikan sinyal atau informasi untuk pengguna memeriksakan lebih lanjut. Barangkali terdapat kerusakan fatal yang mengakibatkan kecelakaan.
Penyebab Lampu Indikator Vario 125 Menyala Kuning
Lampu indikator Vario 125 menyala kuning memang sudah semestinya. Namun bagaimana jika ternyata menyala sembari berkedip beberapa kali atau terus-menerus? Pastinya hal tersebut tidak biasa bukan. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat tadi bahwa lampu MIL merupakan indikator kerusakan mesin. Baca Juga: Penyebab Lampu Indikator Vario 150 Menyala Kuning
Oleh karenanya, tiap kedipan dari indikator tersebut akan menginformasikan kemungkinan kerusakan untuk segera pengguna periksa. Adapun penyebab kerusakan yang menimbulkan kedipan MIL dengan jumlah beragam yaitu sebagai berikut:
1. Kerusakan Pada Sensor MAP
Penyebab kerusakan dari Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure) biasanya akan menimbulkan lampu indikator menyala satu kedipan. Hal ini karena sensor tersebut mengalami kerusakan dibagian rangkaian atau tingkat vakumnya kurang stabil pada intake manifold.
Sehingga kinerjanya kurang lancar dan mesin tidak dapat bekerja secara optimal. Meskipun tetap bekerja normal.
2. Kerusakan Pada Sensor ECT dan EOT
Apabila terjadi kerusakan pada Sensor ECT dan EOT, maka MIL akan menyala dengan 7 kedipan. Yang mana rangkaian keduanya tidak dapat berfungsi karena soket sensor penghubung antara ECT (Engine Coolant Temperature) atau EOT (Engine Oil Temperature) terputus.
Akibatnya mesin sulit dinyalakan ketika suhunya rendah serta cepat panas ketika digunakan. Hal ini sangat berbahaya jika diabaikan.
3. Kerusakan Di Sensor TP (Throttle Position)
Selanjutnya yaitu kerusakan di Sensor TP (Throttle Position) yang menimbulkan 8 kedipan. Jika lampu indikator berkedip sebanyak itu, maka kemungkinan kerusakannya terdapat pada rangkaian sensor atau mengalami kelonggaran pada konektor sensor. Akibatnya motor akan boros Bahan Bakar.
Masalah lain juga mesin akan sering mengalami mati mendadak di tengah jalan. Pemicunya karena sistem akselerasi tidak bekerja dengan baik.
4. Lemahnya Sensor IAT
Faktor dari kerusakan Sensor IAT yaitu memicu kedipan 9 pada indikator dimana masalah tersebut terletak pada (Intake Air Temperature). Masih dengan masalah yang sama dimana rangkaian dibagian unit sensor mengalami kelonggaran, sehingga tidak bekerja maksimal.
Alhasil mesin kurang bertenaga meski bekerja seperti biasa. Mengapa? Karena akselerasi yang buruk.
5. Kerusakan Pada Sensor VS
Masalah yang disebabkan oleh Sensor VS (Vehicle Speed) biasanya akan mengindikasikan dengan 11 kedipan pada MIL. Pasalnya rangkaian pada sensor tersebut tidak bekerja atau sambungannya hanya longgar. Jadinya lampu indikator speedometer tidak berjalan serta mengakibatkan sistem ISS tidak berfungsi sebagaimana seharusnya.
Untuk cara mengatasi semua penyebab di atas yaitu cukup memeriksa kondisi sambungan Karena kerusakan pada sensor umumnya hanya terjadi pada rangkaian kabel atau unit penghubung yang mengalami kelonggaran.
Demikian penjelasan mengenai lampu indikator Vario 125 menyala kuning. Jika hanya hidup sebentar kemudian mati, maka bukan suatu masalah. Terkecuali berkedip dengan jumlah tertentu seperti yang sudah dijelaskan sebagian diatas.
Apabila begitu, maka pengguna harus segera mengeceknya. Baik secara mandiri atau meminta bantuan ahli mesin kendaraan.
Terima kasih masukan nya