Berapa Liter Kapasitas Tangki Bensin Vario Techno 125 Old?

Motopedia.id – Vario Techno 125 merupakan varian Honda matic yang rilis 5 Maret 2012. Meski sudah beberapa tahun sejak dikeluarkan, Vario 125 masih jadi primadona. Hal tersebut dikarenakan kapasitas tangki bensin Vario Techno 125 old tergolong luas. Jadi tidak perlu sering-sering isi bensin. Baca Juga: Ini Penyebab Motor Vario 125 Tidak Bisa Distarter dan Diengkol

Vario Techno 125 juga punya beberapa pilihan warna dan desainnya sporty. Paling penting, spesifikasi yang diusung Honda matic tersebut termasuk yang paling irit konsumsi bahan bakarnya. Perjalanan jauh pun tidak perlu takut cepat kehabisan bensin. Lalu sebenarnya berapa kapasitas tangkinya?

Kapasitas Tangki Bensin Honda Vario Techno 125 Old dan New

Kapasitas Tangki Bensin Vario Techno 125 Old
Kapasitas Tangki Bensin Vario Techno 125 Old

Sebenarnya kapasitas tangki bensin kendaraan disesuaikan dengan spesifikasi mesin dan dimensi motor itu sendiri. Mesin Vario Techno 125 ini, punya volume langkah 7,6 cu in atau 124,8 cc. Tangki bensinnya punya kapasitas yang luas, yakni 5,5 liter (335,6 cu in).

Kapasitas tersebut jauh lebih besar jika dibandingkan dengan varian Honda Vario yang sebelumnya. Kapasitas tangki bensin Vario Techno 125 punya selisih 1,8 liter dari Vario 110 yang kapasitasnya hanya 3,7 liter. Tentunya, motor matic ini lebih nyaman digunakan perjalanan jauh. Baca Juga: Penyebab Lampu Indikator Vario 125 Menyala Kuning

Vario Techno 125 juga punya tipe mesin 4 langkah dengan pendingin cairan yang berbasis dari PCX 125. Salah satu faktor yang membuat kapasitas tangki bensinnya besar yaitu dimensi motornya, yakni 1,918x689x1,103 mm. Volume bensin dapat diketahui dari Indikatornya.

Konsumsi Bensin Vario Techno 125 Old dan New

Jika kapasitas tangki bensinnya besar, apakah konsumsi bahan bakar Vario Techno 125 juga boros? Pemilik varian Honda matic ini patut senang. Vario Techno 125, diklaim lebih irit 30 persen konsumsi bensinnya dibandingkan varian sebelumnya.

Untuk satu liter bensin, Vario Techno 125 bisa melaju hingga 59,5 kilometer. Jadi kalau total kapasitasnya 5,5 liter, kurang lebih dapat dipakai berkendara 310 kilometer. Berbeda dengan Vario 110 FI, yang mengkonsumsi bensin satu liter hanya untuk jarak 56,3 kilometer.

Meskipun mesin cc-nya besar, Vario Techno 125 tergolong irit. Hal tersebut karena menggunakan sistem injeksi (PGM-FI). Selain itu, keluaran 2013 sudah dilengkapi Idling Stop System. Teknologi tersebut membuat konsumsi bensin efisien, karena otomatis mesin mati saat berhenti lebih tiga menit. Baca Juga: (BEGINI) Cara Kerja Radiator Vario 125

Vario Techno 125 ini, bisa menggunakan jenis bahan bakar apa saja. Tapi akan lebih baik jika menggunakan yang oktannya tinggi. Contohnya mengisinya dengan Pertamax plus, Shell V-power, ataupun Performance 95.

Kenapa Konsumsi Bensin Vario Techno 125 Boros?

Meskipun irit, sebenarnya konsumsi bensin bergantung pada kecepatan dan rute perjalanan. Terkadang ada juga faktor lain yang membuat Vario Techno 125 menjadi lebih boros dibandingkan biasanya. Inilah beberapa faktor tersebut:

  • Tutup tangki longgar. Ketika tangki tidak ditutup dengan rapat, bensin di dalamnya akan menguap. Selain itu, berpotensi pula bensin keluar ketika melaju di permukaan jalan yang terjal.
  • Kondisi rem seret. Penyebab kedua yaitu rem yang seret karena pengaturan cakram dibuat kencang. Bisa juga disebabkan kotoran di piringan rem. Hal tersebut membuat motor cepat panas akibat mengeluarkan tenaga besar, sehingga konsumsi bensin boros.
  • Masalah sistem pengapian. Ketika sistem pengapian tidak menghasilkan pembakaran yang sempurna, tenaganya menjadi berkurang. Akibatnya bensin lebih boros dipakai menarik gas berlebihan untuk membantu proses pembakaran.
  • Filter udara kotor. Konsumsi bensin menjadi boros, saat filter udaranya kotor. Karena udara bersih terhalang, memerlukan lebih besar bahan bakar untuk proses pembakaran.

Jadi, sudah tahu bukan berapa kapasitas tangki bensin Vario Techno 125? Kapasitas yang besar sangat membantu untuk perjalanan jauh. Apalagi Vario Techno 125 ini mengkonsumsi bahan bakar lebih irit, walaupun cc mesinnya besar.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top