Motopedia.id – Tak perlu diragukan lagi, produk-produk motor dari Honda sudah pasti memiliki mutu dan kualitas yang tidak abal-abal. Seperti salah satunya Honda CB150x yang pertama kali diperkenalkan pada ajang GIIAS 2021.
Rupanya, motor berdesain gagah ini tidak hanya cocok untuk perjalanan jarak jauh seperti turing, namun juga rekomended untuk penggunaan sehari-hari seperti mobilitas ke tempat kerja. Cek review dan spesifikasi lengkapnya di bawah ini.
Review Honda CB150x
1. Desain
Pecinta motor sport akan dipuaskan dengan desain motor CB150X yang keren dengan ciri khas motor adventure. Diluncurkan secara resmi pada 9 Desember 2021, CB150X masuk dalam kategori motor petualangan touring entry-level pada kelas 150cc.
Pada bagian depan, ada lampu yang desainnya mirip pada CB150R Streetfire namun dengan tambahan kaca. Lalu pada lampu bawah berdesain “paruh bebek” yang menjadi ciri khas dari motor adventure.
Bentuk kakinya serupa dengan CB150R, sementara bagian tengah hingga belakang tampak seperti CB150R. Lampu belakang dan sein dari CB150X berwarna putih yang membuatnya seimbang dengan warna pelek dan setang dengan nuansa burnt titanium.
Honda CB150x modif untuk turing atau mudik bisa dilakukan dengan menambahkan kotak penyimpanan di bagian belakang.
2. Performa
Honda CB150x dibekali dengan mesin K56 149,2 cc 1 silinder DOHC yang memiliki 4 katup berinjeksi dan berpendingin cairan, serta ditambah transmisi manual 6 percepatan.
Tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh motor ini sekitar 15,4 dk pada 9.000 rpm, dan torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Disarankan untuk menggunakan rpm rendah menengah saat turing maupun harian agar mesin lebih bertenaga dan responsif.
Lalu untuk jalanan macet, motor ini diklaim tetap terasa ringan dan tidak mudah membuat tangan pegal meskipun belum dilengkapi dengan slipper clutch dan fitur assist.
3. Handling dan Riding Position
Sebagai salah satu motor jenis touring, kenyamanan dalam berkendara tentu menjadi fokus utama dari Honda CB150x. Desain jok memungkinkan pengendara untuk duduk santai dengan punggung tegak dan posisi tangan yang tidak mudah lelah bahkan untuk perjalanan jauh.
Hal ini berkat setang yang lebar dan tinggi dengan jarak sekitar 817 dari jok. Ditambah pijakan kaki yang lebih maju dari jok membuat posisi duduk semakin comfortable.
Namun sayangnya, busa jok yang tampak tebal ternyata berkarakteristik kaku sehingga bisa terasa panas saat digunakan duduk dalam waktu lama. Ditambah IRC Road Winner membuat motor ini lebih cocok untuk turing on-road atau off-road ringan dengan jalan jenis gravel.
Tapi jangan khawatir, kekurangan tersebut diimbangi dengan suspensi depan yang menggunakan upside down Showa SFF-BP 37 mm sehingga terasa empuk. Sedangkan untuk suspensi belakang menggunakan prolink spek per progresif dengan jarak lebih panjang sekitar 10 mm dibanding CB150R.
Suspensi jenis ini ditambah dengan bobot sekitar 139 kg membuat CB150x bisa melaju dengan stabil pada jalan beraspal, tapi terasa keras untuk berpetualang. Satu lagi, setang lebar akan terasa merepotkan pada jalanan macet karena rawan tersenggol oleh pengendara lain.
4. Konsumsi BBM
Honda CB150x memiliki kompresi rasio 11,3:1 yang membuatnya cocok diberikan RON 92 Pertamax. Pada sebuah tes uji performa mesin dengan total jarak tempuh mencapai 860 km, motor ini menghabiskan sekitar 1 liter bensin per 45,3 km.
Meski top speed motor ini mencapai 135 km/jam, namun akan lebih hemat BB jika pengguna bermain pada putaran bawah hingga menengah, jadi tidak memelintir gas terlalu dalam. Adapun kapasitas tangki sekitar 12 liter, dan untuk pengisian bensin penuh bisa digunakan hingga jarak sekitar 543,6 km.
5. Teknologi dan Fitur
Naik CB150x saat turing konon bisa lebih minim resiko masuk angin karena adanya windshield tinggi yang desainnya ramping. Namun saat berkendara siang hari di area kota, Anda bisa merasa lebih gerah karena hembusan angin tidak langsung mengenai badan, apalagi jika sedang menggunakan jaket tebal.
Bagian setang menggunakan model tapered handle lebar dengan raiser yang cukup tinggi yang diberi dasaran karet. Efeknya, getaran dari mesin bisa lebih redam.
Beralih ke bagian lampu, semuanya sudah LED dan dengan panel instrumen full digital yang berisi takometer, spidometer, jam, odometer, gear position, tripmeter A&B, info bensin, dan fuel meter.
6. Spesifikasi Lainnya
- Tipe starter: electric
- Jenis kopling: multiple wet clutch with coil spring
- Pendingin: liquid cooled
- Gigi: 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
- Rangka: diamond (truss), steel
- Torsi: 1,41 kgf.m (13,8 nm) / 7.000 rpm
- Ukuran ban: 100/80-17M/C 52P (depan) dan 130/70-17M/C 62P (belakang)
- BBM: PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
- Perbandingan kompresi: 11,3 : 1
- Diameter x langkah: 57,3 x 57,843 mm
Harga Honda CB150x Terbaru
Jika berbicara tentang harga Honda CB150x, tentunya memang tidak murah tapi dijamin sepadan dengan kualitas yang didapatkan.
Ada dua varian yang ditawarkan, yaitu CB150x yang label harganya sekitar Rp32.950.000 untuk OTR Jakarta, dan sekitar Rp32.950.000 untuk harga Honda CB150x SE (Special Edition).
Varian standar hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Amazon Matte Green dan Mandala Red. Sedangkan Honda CB150x SE hadir dengan satu warna saja, yakni Volcano Matte Black yang tampak gagah dan elegan. Manakah yang paling Anda suka?