Ukuran Shock Belakang Vario 110 Karbu dan Cara Ukur

Motopedia.id – Bagi yang terbiasa mengendarai sepeda motor, tentu tak asing dengan komponennya berupa shock belakang (shockbreaker). Bicara tentang ini, ukuran shock belakang Vario 110 karbu dicari banyak orang. Pasalnya, kendaraan yang menolak tua ini termasuk tipe yang langka. Baca Juga: Berapa Ukuran Shock Belakang Vario 150?

Seputar Honda Vario 110 Karbu

Honda Vario pertama kali diluncurkan di bulan Agustus tahun 2006, dengan mesin 110 karbu disertai pendingin air. Sebagai generasi pertama, Honda Vario ketika itu memang belum dapat mengalahkan Yamaha Mio. Sampai tujuh tahun kemudian, Vario 110 karbu masih berjaya di pasar Indonesia.

Berikutnya barulah muncul generasi selanjutnya, yakni Vario Techno 110 untuk konsumsi bbm vario 110 juga terbilang hemat. Sejak kemunculannya, keberadaan Vario tipe sebelumnya dianggap langka sebab jumlahnya sangat terbatas. Waktunya Vario 110 karbu tipe Techno yang menjadi motor matic paling pertama dari Honda dengan pengereman CBS.

Secara sistem, sebenarnya masih sama dengan jenis sebelumnya. Mesin karbunya sama, namun bodi motor lebih besar. Ukuran shock belakang Vario 110 karbu sendiri adalah 300mm/305mm. Ini merupakan standar yang mencukupi untuk motor matic. Saat itu, Vario karbu 110 termasuk unggul dalam kelasnya.

Jenis-jenis Shockbreaker

Shockbreaker adalah perangkat wajib untuk sepeda motor dengan fungsi menjaga kenyamanan ketika berkendara. Keberadaan komponen ini paling terasa ketika menghadapi jalanan yang menantang, misalnya banyak terdapat lubang.

Shockbreaker merupakan peredam kejut pada sepeda motor yang dibuat dari logam baja. Pemakaian logam baja ini tujuannya agar shockbreaker lebih tahan lama. Dengan begitu, bodi motor tidak akan bergoyang secara berlebih saat melalui jalan yang bergelombang. Berikut ini jenis-jenis dari shockbreaker:

1. Shockbreaker Depan

Pada shockbreaker yang berada di depan, ada dua tipe. Semua memiliki karakteristiknya masing-masing. Berikut ini dua jenis dari shockbreaker depan:

  • Telescopic Male Slider. Terletak di sistem redaman, terjadi di dalam tungkai. Berfungsi menahan roda agar di satu sisinya hanya terdapat satu tungkai berisikan dua tabung. Diameter tabung lebih kecil, lebih lentur dan nyaman untuk melintasi medan kasar.
  • Telescopic Interved. Memiliki tabung dengan diameter yang cukup besar, dengan sensitivitas serta resistensi lebih baik. Handlingnya lebih baik, namun biayanya cukup mahal.

2. Shockbreaker Belakang

Shockbreaker juga terdapat di bagian belakang motor. Sama halnya dengan shockbreaker depan, ada dua tipe dari shockbreaker belakang yaitu:

  • Dual Shock. Tipe yang pertama ini dipasang di bagian kiri maupun kanan, mengapit roda bagian belakang motor. Suspensinya lebih cocok untuk motor yang membawa beban berat secara seimbang. Perawatannya juga relatif terjangkau.
  • Dibagi lagi menjadi dua, langsung dan link. Tipe langsung akan dipasang tanpa perantara di chasis dan arm-nya, namun kurang efektif untuk beban berat. Sementara itu di tipe link ada penghubung sebagai perantara untuk meredam saat melintas di jalan kasar. Fungsinya mempertahankan ketinggian motor.

2. Ukuran Shock Belakang Vario 110 Karbu

Ukuran Shock Belakang Vario 110 Karbu
Ukuran Shock Belakang Vario 110 Karbu

Lalu berapa sih ukuran shock belakang vario 110 karbu? untuk ukuran shock belakang motor vario 110 biasanya menggunakan ukuran 300mm-305mm,  lalu kita harus tau cara mengukur shock belakang dengan benar:

Cara Mengukur Shock Belakang Vario 110 Karbu

Untuk cara mengukur nya sebenarnya sangat mudah apalagi untuk mekanik yang handal biasanya malah mereka sudah hafal dan tidak perlu mengukur lagi namun dengan mengukur ulang kita akan lebih jelas dan pas, begini cara ukur nya:

  1. Pertama kita harus buka dulu dus shockbreaker nya lalu kita cek juga apakah shock vario nya original atau tidak.
  2. Kedua posisikan shockbreaker dengan posisi diatas tempat datar.
  3. Ketiga lalu ambil alat ukur mili meter, karena ukuran nya dengan standar mm.
  4. Keempat mulai ukur shockbreaker dengan dimulai dari kepala shockbreaker sampai dengan kaki shockbreaker
  5. Kelima untuk bagian kaki atau bawah shockbreaker diukurnya sampai sebelum bagian lingkaran

Kapan Waktu untuk Mengganti Shockbreaker?

Komponen ini cukup bertahan lama. Terlihat dari ukuran oli shock belakang Vario 110 karbu yang kemampuannya mumpuni. Tentunya wajib diimbangi dengan perawatan sehingga kualitasnya tetap terjaga. Pengendara juga wajib tahu kapan saatnya mengganti shockbreaker. Berikut cara memeriksa apakah masih layak untuk digunakan:

  • Tekan stang ke arah bawah, perhatikan apakah pegas shockbreaker kembali dengan cepat. Jika demikian, artinya shockbreaker rusak/mati. Shockbreaker yang kembali dengan pelan-pelan artinya masih kondisi baik dan tidak ada kebocoran.
  • Perhatikan seal di shockbreaker depan, jika terdapat rembesan oli maka wajib segera diganti.
  • Bawalah motor ke jalan yang bergelombang atau berlubang. Apabila terdapat pantulan yang cukup keras, shockbreaker harus diganti. Semakin banyak pantulannya, artinya shockbreaker mulai rusak. Hal ini bisa berdampak ke kondisi fisik pengendara.

Demikian informasi seputar Vario 110 serta jenis-jenis dari shockbreaker. Ukuran shock belakang Vario 110 karbu sendiri memenuhi standar, memberikan kenyamanan untuk pengendara saat menghadapi jalanan penuh gelombang. Dengan pemahaman akan jenis shockbreaker, diharapkan pengendara dapat menyesuaikan dengan situasi dan kebutuhan masing-masing.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top